Loading...

Gelar Seni Budaya Kota Cimahi "Seni Cimahi Makalangan"

Administrator 04 Mei 2014 292 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pemerintah Kota Cimahi menyelenggarakan Gelar Seni dan Budaya Kota Cimahi. Kegiatan ini dilaksanakan pada thari Rabu, tanggal 30 April 2014 yang lalu di halaman kantor Kecamatan Cimahi Utara Jl. Jati Cihanjuang Kota Cimahi. Tujuan dan sasaran dari seni acara gelar seni budaya Kota Cimahi Tahun 2014 ini adalah : untuk mengembangkan potensi seni, budaya, dan pariwisata di Kota Cimahi, sehingga lebih bervariasi dan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Cimahi, mengembangkan minat dan bakat generasi muda dalam bidang seni, budaya, dan pariwisata di Kota Cimahi, meningkatan peran aktif masyarakat dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan dan pariwisata Kota Cimahi, mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Kota Cimahi, melestarikan seni dan budaya tradisional Jawa Barat, berprestasi di ajang lomba/pasanggiri seni di tingkat regional, nasional maupun internasional, dan menyajikan event seni budaya yang berkesinambungan.


Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 20.00 WIB ini mempertunjukan :

  1. Pergeralaran Seni Tari Jalingeur Kelurahan Citeureup;
  2. Pergeralaran Seni Musik : Indonesian Bambu community (Kelurahan Melong), Sakatalu (Kelurahan Padasuka), Gapuy Percussion (Kelurahan Cibeureum), L.S Wangi Arum (Kelurahan Citeureup) ;
  3. Seni Teater yang didukung oleh : Teater 13 Senja (Kelurahan Melong), Teater Campeureunik (Kelurahan Cimahi), Teater Cimahi Mooi (Kelurahan Pasir Kaliki), L.S. Mayang Arum (Kelurahan Pasir Kaliki).

 


Kegiatan ini adalah kegiatan persiapan untuk mengikuti kegiatan tingkat regional Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 s.d 5 Mei 2015 di Taman Budaya Jawa Barat, Dago – Bandung.


Gelar seni budaya Kota Cimahi ini tidak sekedar bertujuan untuk tontonan, tapi sarat dengan tuntunan. Dari Cerita dan pertunjukan yang disampaikan, penonton diajak memahami Makna dan nilai-nilai, mana yang baik, mana yang buruk, mana yang bisa diambil jadi suri tauladan, mana yang harus ditinggalkan. Kelebihan dari seni tradisi sunda terutama adalah mengolah daya imajinasi dan kreatifitas menjadi sebuah produk kesenian yang komplek, karena di dalamnya tersusun dari musik, tari, teater, padalangan hingga karawitan Sunda.


Masyarakat Kota Cimahi sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini, terbukti dengan semakin banyaknya penonton yang hadir untuk menyaksikan pegelaran seni dan budaya ini. Selain dengan hadirnya MC (Kang Uci RT) yang membawa kegiatan tersebut menjadi meriah, tapi juga pertunjukkan seni yang ditampilkan sangat menarik serta mendidik generasi muda agar tidak lupa akan seni dan budaya yang dimiliki dan dibudidayakan di Kota Cimahi.


Walikota Cimahi, Hj. Atty Suharti, SE yang membuka langsung kegiatan ini menyampaikan bahwa sebagai warga negara yang peduli dan bertanggung jawab atas perkembangan budayanya harus menjaga jati diri kadaerahan dan tidak tenggelam di lautan budaya asing. Banyaknya komunitas seni yang berkolaborasi dan seni kontemporer dapat meningkatkan daya tarik dari budaya dan seni tersebut tapi dengan catatan tidak menghilangkan landasan dasar / pengertian dasar dari seni budaya tersebut.


Selain dihadiri oleh masyarakat sekitar, tamu undangan dari lembaga/instansi terkait, kegiatan ini dihadiri berbagai komunitas budaya dan seni yang ada di Kota Cimahi seperti hanacaraka, haur wulung, dan komunitas lainnya. Kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi kegiatan yang mempromosikan dan mensosialisasikan keberadaan seni dan budaya yang menjadi potensi di Kota Cimahi.